Minggu, 22 April 2012

Studi Kasus

SITI
Cek Tn. A = Rp. 2.000.000
Cek Tn. B = Rp. 5.000.000
B/G PT. X = Rp. 10.000.000
B/G PT. Y = Rp. 12.000.0000
Nota kredit = Rp. 22.000.000
Tolakan :
Cek Tn. D
B/G PT.z

KARMAN
Cek Tn. C = Rp. 3.000.000
Cek Nn. D = Rp. 5.000.000
Cek Nn. F = Rp. 4.000.000
B/G PT.Z = Rp. 18.000.000
Nota Kredit = Rp. 15.000.000
B/G 17.x




SITI
+ Rp. 2.000.000
+ Rp. 5.000.000
+ Rp. 10.000.000
+Rp. 12.000.000
- Rp. 22.000.000
- Rp. 37.000.000
- Rp. 5.000.000
- Rp. 4.000.000
- Rp. 8. 000.000
- Rp. 15.000.000
- 8/ + 5 ( KALAH)

KARMAN
- Rp. 2.000.000
- Rp. 5.000.000
- Rp. 10.000.000
-Rp. 12.000.000
+ Rp. 22.000.000
+ Rp. 37.000.000
+ Rp. 5.000.000
+ Rp. 4.000.000
+ Rp. 8. 000.000
- Rp. 15.000.000
+ 8 / - 5 ( MENANG)

SITI = R/K pada BI = 10 %
Dep = Rp. 100.000.000 : - Rp. 8.000.000 (RR)
-Rp. 2.000.000 (ER)
Dept = Rp. 200.000.000 -- 10 %
Rp. 20.000.000 : - Rp. 16.000.000 (RR)
-Rp. 4.000.000 (ER)

A
15/4
Rp.20.000.000

L 15/4
TAB = Rp. 30.000.000
GIRO =Rp. 50.000.000

- A = Rp. 10.000.000
- B =Rp. 5.000.000
- PT. X= Rp.10.000.000
- PT.Y=Rp. 14.000.000


Deposit = Rp. 120.000.000 Rp. 120.000.000
Rp. 181.000.000
Call money = Rp. 1.000.000
Dapat diketahui bahwa simpanan di BI yaitu : 16/4
Rp. 16.000.000 ---- 8 % + ER = ?

Minggu, 15 April 2012

BANK TRANSFER

1.PAYMENT ORDER
Yaitu instruksi kepada bank untuk membayarkan sejumlah uang atau dana tertentu melalui suatu instrumen (misalnya cek) kepada pihak ketiga atas beban akun pemberi instruksi.

2.CORRESPONDEN BANK
Merupakan bank yang mempunyai hubungan bisnis langsung dengan bank bersangkutan. Dengan demikian, masing-masing pihak bersedia dan sepakat memberikan amanat dan menjadi agen dari pihak lainnya. Kebenaran dan keaslian amanat tersebut dapat diuji (diverifikasi) melalui telegraphic test key atau SWIFT.

3.BANK DRAFT
Merupakan wesel yang dikeluarkan oleh bank kepada para nasabahnya. Wesel ini dapat diperjualbelikan apabila nasabah membutuhkannya

4.INKASO / COLLECTION
Merupakan penagihan warkat (surat-surat berharga seperti cek, bilyet giro) yang berasal dari luar kota atau luar negeri. Proses penagihan lewat inkaso tergantung dari jarak lokasi penagihan dan biasanya memakan waktu 1 (satu) minggu sampai 1 (satu) bulan. Besarnya biaya penagihan tergantung dari bank yang bersangkutan dengan pertimbangan jarak serta pertimbangan lainnya.

5.TRANSFER
Merupakan jasa pengiriman uang lewat bank. Pengiriman uang dapat dilakukan pada bank yang sama atau bank yang berlainan. Pengiriman uang juga dapat dilakukan derigan tujuan dalam kota, luar kota atau luar negeri. Khusus untuk pengiriman uang keluar negeri harus melalui bank devisa. Kepada nasabah pengirim dikenakan biaya kirim yang besarnya tergantung dari bank yang bersangkutan. Pertimbangannya adalah nasabah bank yang bersangkutan (memiliki rekening di bank yang bersangkutan) atau bukan. Kemudian juga jarak pengiriman antar bank tersebut.

6.LETTER OF CREDIT
Merupakan surat kredit yang diberikan kepada para eksportir dan importir yang digunakan untuk melakukan pembayaran atas transaksi ekspor-impor yang mereka lakukan. Dalam tran¬saksi ini terdapat berbagai macam jenis L/C, sehingga nasabah dapat meminta sesuai dengan kondisi yang diinginkannya

7.BANK GARANSI
Merupakan jaminan bank yang diberikan kepada nasabah dalam rangka membiayai suatu usaha. Dengan jaminan bank ini si peng¬usaha memperoleh fasilitas untuk melaksanakan kegiatannya dengan pihak lain. Tentu sebelum jaminan bank dikeluarkan bank terlebih dulu mempelajari kredibilitas nasabahnya.



8.SAFE DEPOSIT BOX
Safe Deposit Box atau dikenal dengan istilah safe loket jasa pelayanan ini memberikan layanan penyewaan box atau kotak pengaman tempat menyimpan surat-surat berharga atau barang-¬barang berharga milik nasabah. Biasanya surat-surat atau barang-¬barang berharga yang disimpan di dalam box tersebut aman dari pencurian dan kebakaran. Kepada nasabah penyewa box di¬kenakan biaya sewa yang besarnya tergantung dari ukuran box serta jangka waktu penyewaan.

REFFERENSI : Dari berbagai sumber

Sabtu, 07 April 2012

Makalah tentang pemroduksian dan pemasaran pakaian anak-anak

Nama kelompok beserta NPM
1. Boby Hermawan (14209460)
2. Earl Kamal Dimara (10209910)
3. Galih Jayalana (10209138)
4. Lukeria Ariningrum (12209548)
5. Selvina Emilia (13209777)


PENDAHULUAN

Dewasa ini kebutuhan produksi akan pakaian semakin hari semakin menigkat seiring dengan tingkat pertumbuhan seseorang semakin hari semakin bertambah hal ini menyebabkan pakaian menjadi salah satu kebutuhan primer bagi kebanyakan orang. tanpa pakaian seseorang otomatis tidak akan bisa hidup dengan layak. hal ini menyebabkan komoditi bahan dalam pembuatan pakaian semakin diperlukan oleh produsen. Pakaian anak – anak salah satunya menjadi komponen produksi bagi perusahaan – perusahaan garmen.Berbagai macam merk bersaing memperebutkan konsumen dalam pasar industry.
Pemasaran hal ini sangat dibutuhkan oleh produsen untuk dapat meningkatkan voume produksi, tingkat keuntungan, serta brand minded bagi konsumen tentunya hal ini dapat memberikan dampak positif bagi perusahaan. Oleh karena itu perlu adanya diferensiasi dari setiap produk pakaian anak – anak agar dapat memberikan ciri tersendiri setiap produsen baik dari segi warna, tekstur bahan, model, jenis, fungsi, dan kelompok umur yang berbeda. Jadi perlulah berbagai terobosan dalam proses memasarkan produk pakaian tersebut.


PEMBAHASAN

Bisnis fashion memiliki wilayah yang sangat luas,ada berbagai macam jenis pakaian yang bisa dijadikan usaha. Ada pelaku bisnis yang mengambil semua porsi bisnis pakaian ini, namun ada pula yang mengambil spesialisasi terhadap satu jenis pakaian atau menyasar segmen tertentu.Misalnya saja pakaian untuk ibu hamil, pakaian remaja atau pakaian untuk anak-anak.Pemilihan usaha pakaian pada segmen tertentu terkadang diperlukan agar usaha pakaian yang dilakukan lebih fokus. Namun kadang menyediakan semua jenis pakaian akan memberikan banyak pilihan kepada pembeli. Namun ini memerlukan modal dan pemasaran yang lebih baik.
Untuk strategi pemasaran usaha pakaian anak bisa dilakukan melalui berbagai cara. Misalnya saja dengan membuka toko pakaian anak.Bila modal usaha untuk bisnis pakaian anak yang anda miliki terbatas, anda bisa berbisnis dari rumah, promosi dilakukan dari mulut ke mulut atau menawarkan pakaian di lokasi tempat anak dan orang tua berkumpul.Misalnya saja tempat penjemputan anak sekolah.Anda dapat pula menawarkan koleksi produk pakaian anak melalui Blackberry Messenger yang telah anda buat group sebelumnya.Setiap ada produk pakaian anak baru atau penawaran bisa langsung dibroadcast dengan cepat.Respon dari pembelipun bisa lebih cepat.
Yang pentingdipertimbangkan dalam usaha pakaian anak ini adalah masalah model pakaian, sesuaikan model pakaian dengan yang sedang tren. Misalnya saja disesuaikan dengan tema film kartun yang sedang digemari anak-anak akan menarik pembeli.
Dalam masa pertumbuhan ,ukuran tubuh anak akan berkembang dengan cepat. Untuk mengantisipasi hal ini maka anda harus menyediakan produk yang anda jual dalam beragam ukuran untuk satu mode pakaian.Sehingga apabila pelanggan anda mencari mode tersebut maka barang tersebut tersedia dan anda tak kehilangan pelanggan.
Tidak diperlukan modal yang banyak untuk membuka usaha pakaian anak, apalagi di zaman modern ini.Teknologi memungkinkan untuk menjalankan usaha pakaian anak dari rumah seolah-olah anda memiliki toko pakaian anak yang besar.Jika anda tidak memiliki keahliaan mendesain dan membuat sendiri, menjadi distributor adalah pilihan tepat. Membeli pakaian anak dari grosir akan memberikan harga yang bersaing. Di awal anda memang harus berjuang untuk mendapatkan chanel grosir baju anak. Selanjutnya jika sudah banyak kenalan grosir baju anak, anda akan dapat harga yang miring.
Sangat banyak dan berbagai jenis pakaian anak – anak yang banyak diminati oleh para ibu untuk para anak – anaknya seperti Onesies, Piyama, Kaus kaki, Topi, Oto, Dress, sweater, jaket, dll.Dengan semakin banyaknya varian yang unik, semakin banyak juga konsumen yang tertarik dari berbagai faktor entah dari warna, model, jenis. Bicara soal warna, warna salah satu hal yang paling diperhatikan di mata konsumen, karena dengan pemilihan warna yang pas, anak kita akan merasa nyamandan pastinya kita tidak akan malu.


PENUTUP

Usaha pakaian anak sebenarnya memiliki peluang yang bagus untuk dijadikan usaha, potensi pasar untuk pakaian anak ini cukup besar.Karena angka kelahiran bayi sangat cepat dan sangat banyak.Jadi menurut kami usaha pakaian anak cukup menjanjikan.Karenaperkembangan industry garmen pun sudah meningkat pesat.Pemilihan usaha pakaian pada segmen tertentu terkadang diperlukan agar usaha pakaian yang dilakukan lebih fokus. Namun kadang menyediakan semua jenis pakaian akan memberikan banyak pilihan kepada pembeli. Namun ini memerlukan modal dan pemasaran yang lebih baik.

PEMASANGAN IKLAN

PENGANTAR PERIKLANAN

Periklanan memegang peranan yang cukup penting dan merupakan bagian darikehidupan industri modern, dan umumnya hanya bisa ditemukan di Negara-negaramaju atau Negara-negara yang tengah berkembang. Kebutuhan akan adanya periklanan berkembang seiring dengan pertumbuhan penduduk dan kota-kota yangdipenuhi oleh banyak toko, restoran dan pusat-pusat perdagangan dan penyedia jasa.Selain itu perkembangan periklanan juga sangat dipengaruhi dengan perkembanganmedia baik cetak maupun media elektronik.

Periklanan = Bisnis Ide
Periklanan bukanlah bisnis menggambar atau bisnis komputer grafis, Periklananadalah bisnis ide dan kreatifitas (Roman, Maas & Nisenholtz, 2005) Menggambar hanyalah ekspresi citra yang kita tuangkan sebagai bentuk konsep ide di dalam pikirannamun akarnya tetap ide itu sendiri, menggambar lebih merupakan sarana untuk mencapai tujuan.Proses mengungkapkan ide dalam bentuk gambar penting dalam periklanan, namungambar yang bagus dan indah bukan hal yang utama karena kita hanya dituntut untuk dapat menuangkan ide dalam bentuk citra gambar (Lwin & Aitchison. 2005)Jadi, mampu menggambar dengan baik bukan persyaratan di dunia periklanan.Memiliki naluri dan ide pemasaran yang memungkinkan untuk memadukan sebuahusulan penjualan dan nilai-nilai komersial sebuah gagasan jauh lebih penting.

Periklanan & Kebohongan
Hanya satu tujuan biro iklan membuat iklan, yaitu menjual.Dalam membuat iklantugas biro iklan adalah “to minimize the weakness and maximize the strength”. Bukanmenipu atau membohongi konsumen.Dalam teknik penyampaian pesan iklan ada yang disebut teknik dramatisasi,teknik ini berbeda dengan kebohongan. Perbedaanya dalam konteks ilmu periklanan adalah(Madjadikara, 2004) :

Kebohongan :
Memberikan informasi tentang sesuatu yang tidak benar dengan maksud menipu danmemperdaya sasaran

Dramatisasi :
Memberikan informasi tentang sesuatu yang benar dengan cara melebih-lebihkan sifatdan keadaannya, dengan maksud untuk menarik perhatian sasaran.Teknik dramatisasi inilah yang kemudian membuat iklan sering mendapat kritikan(hiperrealitas), padahal dramatisasi inilah sebenarnya hal yang menarik dalam iklan.teknik inilah yang ditunggu dan jadi media penghibur sasaran. Para pemirsamenghendaki agar sebuah iklan itu juga sekaligus dapat menjadi media hiburan,dimana memang diperlukan khayalan visual yang didramatisasi.Semua jenis media hiburanpun seperi film, sinetron dan drama selalu menggunakanteknik ini, dramatisasi memang harus ada. Tanpa dramatisasi baik iklan, film, sinetrondan drama akan menjadi terasa "kering" dan tidak menghibur.Selain itu iklan merupakan hasil riset yang mendalam terhadap konsumen, sehinggaiklan hanyalah mencerminkan masyarakat bukan bermaksud membentuknya (Lwin &Aitchison. 2005). Konsumen bukanlah mahluk yang tidak mempunyai pikiran dan

tidak bebas meskipun ada iklan. Artinya konsumen mengetahui mana yangkebohongan mana yang informasi dalam kemasan dramatis.

Legenda Periklanan Dunia

Leo Burnett
Leo Burnett Agency, Chicago
Mendirikan biro iklan di Chicago. Filosofi biro iklannya adalah “Gapailah ketinggian,karena dengan cara itu kita tidak akan mengejar segenggam lumpur”. Prinsipnya yang paling terkenal adalah “Ide Besar”. Menurutnya setiap kampanyeHarus mengandung ide yang Akan bertahan selama bertahun-tahun danmemisahkannya dengan hal yang lain. Beberapa karya periklanan Burnett bersumber pada nilai-nilai kemanusiaan universal.

Rooser Reeves (1910-1984)
Ted Bates & Co, New York
Tokoh periklanan pada tahun 1950-an di biro iklan Ted Bates New York. Iamenerbitkan buku “Reality in Advertising” di tahun 1961 semasa aktif di Ted Batesdan menjadi best-seller.Teorinya yang paling terkenal di dalam periklanan adalah USP atau biasa disebut “Unique Selling Proposition“ dan mengantarkan Rosser Reeves menjadi terkenal di bidang periklanan.Ia menggambarkan USP di (dalam) tiga komponen yang mengedepankan prinsip dariteknik menjual agresif Menurutnya tugas iklan adalah memasukkan merek sebanyak mungkin kedalam kotak mental, dengan cara menjual ciri khas dari produk tersebut.

Bill Bernbach (1911-1982)
Doyle Dane Bernbach, New York
"Aku memperingatkan kamu untuk melawan terhadap kepercayaan bahwa iklanadalah suatu ilmu pengetahuan "
Bernbach memimpin revolusi periklanan pada dekade 1960-an dan menjadikannyasalah satu kekuatan kreatif paling berpengaruh di dalam sejarah periklanan. Di biroiklan Doyle Dane Bernbach (DDB) New York, ia mempelopori iklan yang dibuatlebih jenaka, lebih cerdas dan kadang sangat tidak sopan.Ia adalah seorang Adman yang banyak mengilhami orang lain. Setelah kematianBernbach pada Oktober 1982, prinsipnya berdampak lebih besar pada kultur Amerikadibanding para Adman lain yang telah lahir 133 tahun sebelumnya"16 tahun kemudian, Dampak Bernbach berlanjut dan tidak berkurang. Ia dianugrahidaftar kehormatan Iklan abad 20 sebagai orang yang paling berpengaruh dalam periklanan. Pengaruhnya masih hidup dan relevan untuk membantu memberi petunjuk untuk industri periklanan sampai abad 21.Bagi penulis naskah dan pengarah seni muda yang masih berkembang harusmempelajari kampanye klasik Bernbach karena banyak dari apa yang diyakininyatelah menjadi “hukum kreatif” bagi orang-orang iklan.Prinsipnya yang palig terkenal adalah menempatkan iklan sebagai sebuah seni bukanilmu pengetahuan.
" Iklan bukan suatu ilmu pengetahuan, Iklan adalah bujukan. Dan bujukan adalahsuatu seni." – Bill Bernbach

David Ogilvy (1911-1999)
Ogilvy & Mather Worldwide, New York
Ogilvy adalah Adman yang terkenal di dunia.Ia adalah raksasa di dalam bisnis periklanan selain nama besar Bill Bernbach, Leo Burnett, Ted Bates, Rosser Reevesdan raksasa periklanan lain dalam bisnis itu.Pesaingnya Ed Ney, yang memimpin Young & Rubicam mengatakan:"Ia mahluk cerdas yang sangat Kompetitif. Ia membawa gaya kepada bisnis periklanan. Bernbach OK, tetapi David adalah terbaik dari yang terbaik"Di tahun 1975, dia disebut sebagai "ahli sihir yang paling dicari di dalam industri periklanan."David menjadikan bisnis periklanan sangat menarik dan mengundang banyak orangcerdas kedalamnya. Bukunya Confessions of an Advertising Man adalah buku palinglaris yang diterbitkannya di tahun 1962, dan diterbitkan kembali di inggris lebih dari40 tahun kemudian. Buku itu telah mempengaruhi pandangan dari banyak orangtentang bisnis periklanan.Pendiri biro iklan Ogilvy & Mather ini filosofinya banyak didasarkan pada hasil riset.Prinsipnya yang paling kontroversial dan jadi perdebatan adalah “tidak seorangpunakan membeli sesuatu dari seorang pelawak atau komedian dan bahwa tulisan putih diatas latar belakang hitam akan sulit dibaca”. Namun prinsipnya bahwa “konsumen itu bukan orang yang bodoh, ia adalah istrianda” merupakan prinsip yang sulit terbantahkan.

John Hegarty
Bartle Bogle Hegarty, New York
Menciptakan kampanye iklan legendaris : levis, lego, audi
John yang bertubuh mungil dan ceking, bersama teman-temannya mendirikan BBH ditahun 1982 dan semenjak saat itu merebut serangkaian penghargaan kreatif Menurutnya untuk membuat iklan yang baik craftsmanship merupakan hal yang penting karena saat ini kita hidup di budaya visual. Orang lebih peduli pada pencitraan dibanding masa sebelumnya.Cara kita berbusana, dalam hal yang kitakerjakan, bahkan makan.Semuanya bersifat visually driven.Orang mengambilkeputusan berdasarkan visual.
pakar periklanan Amerika ini juga menyebutkan, globalisasi membuat produk-produk memiliki kualitas yang hampir serupa. Sekarang industri lebih banyak bersaingdengan menyentuh emosi dan gengsi konsumen. Hegarty mengatakan, saat inikonsumen membeli barang bukan karena keunggulannya tapi karena produk tersebutmembuat sang konsumen percaya, merasa yakin, dan jatuh cinta. Itulah yang disebutdengan Emotional Selling Proposition (www.pertamina.com/indonesia/head_office)

Jean Marie Dru
TBWA Worldwide
Disturbtion adalah pendekatan revolusioner terhadap periklanan yang dikembangkanoleh
Jean Marie Dru dari biro iklan TBWA Worldwide.Ia mengatakan jika perusahaan tidak menciptakan perubahan maka perubahanlah yang akan menciptakanmereka. Dru percaya bahwa iklan harus mengganggu kenormalan yang dapatdiprediksi, sehingga dapat masuk ke dalam koteks yang sama sekali baru

Jay Chiat
Chiat/Day, CaliforniaPendiri biro iklan Chiat/Day yang sangat berpengaruh di California, dan berhasilmengangkat derajat biro iklan yang tidak berlokasi di Madison Avenue.Jay adalah sosok yang mempesona, menghebohkan dan memiliki daya juang tinggi.Salah satu ungkapannya yang terkenal adalah “How big can we get, before we get bad?”.

Iklan dan Pemasaran
Periklanan dan pemasaran adalah dua hal yang sangat sulit untuk dipisahkan,keduanya saling berkait antara satu dengan yang lain. Iklan tidak pernah lepas darikegiatan pemasaran (widyatama, 2005) Iklan merupakan bagian dari bauran promosi, promosi sendiri merupakan salah satu elemen dari bauran pemasaran ( 4 P ). Namunyang harus diingat bahwa sebuah kampanye pemasaran tidak bisa “hanya”mengandalkan periklanan.Dalam sebuah kolom di majalah Cakram yang ditulis Finala Abiyadi, disebutkan bahwa di antara fungsi empat "P", product, price, packaging, dan promotion, yangmasing-masing memegang seperempat bagian dalam sebuah industri, iklan memilikiseperempat bagian di wilayah promosi.
Dari seperempat bagian tersebut, iklan juga masih harus berbagi dengan kampanyelini bawah, kehumasan dan lainnya.Sehingga setelah ditotal oleh Finala, fungsi iklanhanyalah seperenambelas.Dapat dikatakan bahwa iklan hanya memiliki nilaiseperenambelas dari sebuah kegiatan pemasaran. Maka artinya sukses atau tidaknyasebuah produk tidak bisa hanya di tentukan oleh periklanan

Biro Iklan
Dalam lembaga periklanan hampir semua pekerja di biro-biro iklan bekerja atas dasar kontrak bagi organisasi atau perusahaan lain. Perusahaan besar biasanya memiliki unit periklanan sendiri, namun fungsinya biasanya terbatas, dalam urusan periklanan besar biasanya akan memakai jasa biro iklan eksternal.

Secara umum biro iklan yang memberikan jasa full service advertising dapat dibagidalam empat fungsi (widyatama, 2005), yaitu :

1. Merancang Strategi Iklan
Yaitu membuat perencanaan dari tahapan :- Pembuatan strategi periklananPada tahapan ini peran dari klien sangat dibutuhkan, karena marketing brief yangdibuat oleh klien yang berisi informasi dan situasi pasar harus lengkap dan dapatdipahami oleh agensi. Sehingga pihak biro iklan dapat merangkumnya dalam creative brief untuk acuan bagi tim kreatif dalam menentukan kreatifitas periklanan- menentukan pesan periklananKecenderungan client adalah ingin memasukkan sebanyak mungkin pesan. Pihak agency biasanya akan berdalih bahwa komunikasi yang bagus itu adalah yang singlemessage. Terutama untuk produk paritas dengan USP yang notabene sama dengan produk kompetitor - menentukan kreatifitas periklananhingga merencanakan atau mendesain bagaimana isi dan strategi penyampaian pesan

bagaimana ilustrasi dan bentuk iklan yang akan dibuat, untuk siapa saja iklan tersebutakan disampaikan, dan di media mana saja iklan tersebut akan dipasang

2. Memproduksi Iklan
Fungsi ini merupakan kelanjutan dari fungsi perencanaan, yaitu mengkongkritkan perencanaan iklan dalam bentuk nyata. Namun bisa saja terjadi, perencanaan disusunoleh pihak lain sementara biro iklan hanya memproduksi saja berdasarkan perencanaan yang telah dibuat.

3. Menyeleksi Media
Fungsi biro iklan yang lain adalah menyeleksi media yang digunakan. Dalam dunia periklanan media merupakan faktor yang cukup vital dalam menentukan keberhasilaniklan.Oleh karena itu biro iklan sangat berhati-hati dalam penyeleksian mediatersebut.

4. Menempatkan Iklan
Setelah alternatif media telah dipilih, maka langkah selanjutnya adalah proses penempatan iklan. Penempatan iklan yang dimaksud adalah penyerahan materi iklan pada media yang telah dipilih.

Karir Kreatif Periklanan
Sebenarnya ada dua rute yang bisa diambil untuk masuk ke sebuah agensi.Yang pertama sebagai seorang Pengarah Seni (Art Director) atau sebagai seorang Penulis Naskah (Copywriter). Kedua jabatan itu sebenarnya pada akhirnya akan melebur karena tuntutan pekerjaan. Seorang pengarah seni harus bisa bermain dengan kata-kata dan begitu juga sebaliknya, seorang penulis naskah harus bisa berpikir secaravisual. Sehingga konsep yang dikeluarkan akan menjadi lebih matang. Kedua bidangdiatas ada sebenarnya untuk membagi tugas dan sebuah karya yang menggabungkandua pikiran akan menjadi lebih baik.

Pengarah Seni
Satu rahasia terbesar dalam dunia periklanan: Anda tidak harus bisa menggambar untuk menjadi seorang pengarah seni. Seperti telah dijelaskan di atas bahwa periklanan adalah bisnis ide.Untuk masuk ke bidang ini, hal yang paling utamaadalah mempunyai cita rasa visual yang tinggi. Sebuah bidang karya yang secaravisual berantakan akan merusak sebuah konsep yang kuat. Oleh karena itulah seorang pengarah seni diperlukan.Untuk mengemas sebuah dagangan sehingga konsumenmau membelinya.Bagaimana caranya memperoleh hal tersebut?
Secara akademis, ada beberapa jalan yang bisa diambil untuk mengasahnya.DesainGrafis adalah pilihan yang paling umum. Disitu kita dapat mempelajari teknik-teknik dasar grafis yang akan membantu kita untuk memperindah karya mulai dari tipografi,teori warna hingga komunikasi visual.Pilihan lain adalah Fotografi. Seorang pengarahseni yang baik adalah seseorang yang mempunyai mata yang tajam secara visual.Diaharus tahu teknik pencahayaan yang baik, tata letak yang rapi (ataupun yang berantakan) dan tentunya bagaimana menggabungkan semua elemen visual dalamsebuah karya.Mungkin itulah yang mengharuskan seorang pengarah seni untuk menguasai minimal kedua bidang diatas.Dan dia juga harus sangat rewel.Dalam artikata, sewaktu membuat sebuah karya, dia harus sangat teliti dalam setiap detilnya.





Heading, kerning, leading dan ing-ing lainnya.Itulah yang membuatnya bekerjasemalaman sementara si penulis naskah tidur di sofa ruang televisi lantai tiga.

Penulis Naskah
Jalan untuk menjadi seorang penulis relatif lebih mudah karena bidang ini lebih banyak didominasi oleh kecintaan seseorang untuk menulis.bisa saja kuliah di jurusan Pertanian, tapi seorang penulis amatir yang gemar menelan semua jenis karyatulis. Kemungkinan besar akan bisa menjadi seorang penulis. Semudah itukah? Tentusaja Tidak.
Karena penulis naskah diharuskan untuk berbicara ke beberapa juta konsumen dengan bahasa dan jargon mereka masing-masing sesuai dengan ciri khas mereka.membuatsebuah cerita mengenai sebuah produk sehingga konsumen merasa terpanggil, simpatidan pada akhirnya ingin mencobanya.Akhir-akhir ini, banyak penulis naskah yangtidak terlalu mengindahkan gaya tulisan mereka. Mungkin karena trend sekarangsudah sedikit mengecilkan peran mereka sebagai penulis, karena banyak iklan-iklanyang keluar sekarang tidak memuat banyak tulisan. Tapi sebuah karya tulis yangindah tidak akan bisa membuat seseorang menjadi bosan begitu membacanya. Setiap paragraf mengundang pembaca untuk terus berjalan menuju paragraf berikutnya,sampai pada akhirnya pembaca sampai ke tujuan akhir dan tersenyum puas.Itulahyang seharusnya seorang penulis naskah cari dalam membuat karyanya.Membawa pembaca dalam ruang imajinasinya dan membiarkannya bergerak leluasa.Tidak gampang. Sangat susah. Tapi menantang.Dan jangan pernah takut diancamoleh seorang pengarah seni untuk memperpendek sebuah tulisan.


REFERENSI

Buku
-Roman, Kenerth, Jane Maas & Martin Nisenholtz (2005)
How To Advertise, Membangun Merek dan Bisnis dalam Dunia Pemasaran Baru, PT.Elex Media Komputindo, Jakarta.
-Lwin, May and Jim Aitchison (2005). Clueless in Advertising, Bhuana Ilmu Populer,Jakarta
-Madjadikara, Agus S (2004). Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan ? PT.Gramedia Pustaka, Jakarta
-Widyatama, Rendra (2005). Pengantar Periklanan.Buana Pustaka Indonesia. Jakarta







Pemasangan Iklan : Ditujukan agar masyarakat atau konsumen tahu terhadap produk atau jasa yang ditawarkan oleh produsen melalui berbagai media seperti TV, Radio, Majalah, Koran, Internet.

Keuntungan
dan kemajuan : - Menambah keuntungan sebuah perusahaan dan serta juga penyedia iklan
- Mempengaruhi tingkat penjualan produk.
- Brand minded bagi konsumen


Manfaat : Perusahaan : - Menambah keuntungan sebuah perusahaan dan serta juga penyedia iklan
- Mempengaruhi tingkat penjualan produk.
- Brand minded bagi konsumen.
Konsumen : Tahu akan produk atau jasa yang akan dikonsumsi.


Jenis Iklan : Audio -> Radio
Audio Visual -> TV
Media cetak -> Koran, majalah, tabloid
Teknologi -> Internet


Pertumbuhan : Tentunya dengan adanya iklan, perusahaan akan mengalami tingkat keuntungan yang besar dan tingginya daya tarik konsumen akan produk yang ditawar.

Kamis, 05 April 2012

INTEREST SPREAD DAN FEE

Interest Spread terdiri dari : deposit dan loan

Fee adalah keuntungan yang didapat dari transaksi yang diberikan dalam jasa-jasa bank lainnya atau selain spread based.

Fee terdiri dari :

1. Kliring
2. Transfer : adalah suatu kegiatan jasa bank untuk memindahkan sejumlah dana tertentu sesuai dengan perintah si pemberi amanat yang ditujukan untuk keuntungan seseorang yang di tunjuk sebagai penerima transfer.
3. Inkaso : kegiatan jasa bank untuk melakukan amanat dari pihak ketiga berupa penagihan sejumlah uang kepada seseorang atau badan tertentu di kota lain yang telah di tunjuk oleh si pemberi amanat. Sebagai imbalan jasa atas jasa tersebut biasanya menerapkan sejumlah tarif atau fee teretentu kepada nasabahatau calon nasabahnya. Tarif tersebut dalam dunia perbankan disebut dengan biaya inkaso. Sebagai imbalan bank meminta imbalan atau pembayaran atas penagihan tersebut disebut dengan biaya inkaso.
4. LC (Letter of Credit ) : Salah satu jasa yang ditawarkan bank dalam rangka pembelian barang, berupa pengangguhan pembayaran pembelian oleh pembeli sejak LC dibuka sampai dengan jangka waktu tertentu sesuai perjanjian.
5. BG ( bank garansi)
6. Safe deposit box : yaitu fasilitas pengaman barang berharga dalam bentuk kotak yang disediakan oleh suatu bank untuk kepentimgam nasabahnya, kotak tersebut hanya dapat dibuka oleh bank dan nasabahnya secara bersama-sama.
7. Valas
8. SPI

Contoh kasus :
Ali tabungan 10% /Pa/siti bank
5/3 setor tunai 10 juta
11/3 ambil tunai 3 juta
15/3 produk kredit dari tabungan Joko : 5 juta
26/3 produk debet ke karman bank 4 juta

Transaksi Saldo :
5/3 setor tunai
Debit kas
Kredit tabungan
10 juta
11/3 debit tabungan
Kredit kas
7 juta
15/ 3 debit tabungan Joko
Kredit Ali
12 juta
20/3 debit tabungan Ali
Kredit R/K PBI
8 juta


1. 10 % x ( 31 – 5 + 1 ) x 8.000.000 = perhitungan biaya saldo akhir
365
2. Perhitungan bunga saldo rata-rata
3. Perhitungan bunga saldo terendah
4. Perhitungan bunga saldo perubahan saldo (harian)



11/3 10% x 11 – 5 x 10.000.000 = X
365
15/3 10% x 15 – 11 x 7.000.000 = X
365
20/3 10% x 20 – 15 x 12.000.000 = X
365
31/3 10% x 31 – 20 x 8.000.000 = X
365
XX  Bunga ali bulan maret
Saldo akhir Ali : 8.000.000
Saldo awal bulan april : 8 + XX