Rabu, 24 Oktober 2012

KASUS PERUSAHAAN YANG MENYIMPANG DARI GOOD CORPORATE GOVERNANCE ( GCG)


Pengertian Good corporate governance :

Good Corporate Governance pada dasarnya merupakan suatu sistem (input, Proses, output) dan seperangkat peraturan yang mengatur hubungan antara berbagai pihak yang kepentingan (stakeholders) terutama dalam arti sempit hubungan antara pemegang saham, dewan komisaris, dan dewan direksi demi tercapainya tujuan perusahaan. Good Corporate Gorvernance dimasukkan untuk mengatur hubungan-hubungan ini dan mencegah terjadinya kesalaha-kesalahan signifikan dalam strategi perusahaan dan untuk memastikan bahwa kesalahan-kesalahan yang terjadi dapat di perebaiki dengan segera. Penertian ini dikutip dari buku Good Corporate Governance pada badan usaha manufaktur, perbankan dan jasa keuangan lainnya (2008:36)

Contoh Kasus Perusahaan Yang Menyimpang Dari Good corporate governance :
 
Batu, Kompas - Privatisasi yang semula bertujuan meningkatkan kinerja, nilai tambah perusahaan, dan kepemilikan oleh masyarakat telah menyimpang dari tujuan semula. Privatisasi kini hanya menjadi upaya pemerintah untuk menutup APBN. Hal ini mengemuka dalam diskusi kelompok bertema "Privatisasi" Kongres Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), di Batu, Malang, Selasa (15/7).
Menurut Sekretaris Kementerian BUMN Bacelius Ruru, tujuan privatisasi semula adalah meningkatkan kinerja, good governance, dan peran serta masyarakat dalam kepemilikan saham persero. Namun, kenyataannya privatisasi lebih banyak diwarnai upaya "mengejar setoran" demi menutup APBN.
Secara politis, tujuan privatisasi memiliki dasar UU Nomor 19 Tahun 2003 tentang BUMN, mulai dari memperluas kepemilikan masyarakat, meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan, hingga menciptakan struktur dan manajemen keuangan yang baik.
Selain itu, industri yang sehat dan kompetitif, punya daya saing, dan meningkatkan daya serap pasar. "Jadi bukan budget, budget itu hanya sasaran antara," kata Ruru. Alasannya, keadaan negara yang menghendaki demikian.
Mantan Menneg BUMN Tanri Abeng mengatakan, privatisasi yang dilakukan saat ini terlalu lambat sehingga terjadi kerugian secara ekonomi. Menurut dia, selain kebijakan privatisasi yang tidak jelas, banyak hambatan termasuk dari stakeholders seperti politisi, masyarakat, dan serikat pekerja.
Tanri juga mengkritik fungsi privatisasi yang kini sekadar untuk menutup anggaran sehingga berkonotasi habis untuk dimakan. Menurut dia, kekurangan APBN seharusnya diupayakan melalui pajak, bea cukai, serta pengurangan "ekonomi bawah tanah".
"Kita jangan ikut fast track (jalur cepat) privatisasi ala IMF," katanya. Menurut dia, selain tidak populer, privatisasi massal tidak menjamin akan ada efisiensi dan produktivitas baik, selain kondisi pasar yang tidak menunjang.
Ekonom Universitas Gadjah Mada, Tony A Prasetiantono, mengatakan, secara teori, harus ada urutan yang jelas pada privatisasi. Hal ini dilakukan dengan membuat pasar bagus, baru kemudian privatisasi.
Ruru mengakui, dari target tahun 2003, baru satu perusahaan yang diprivatisasi, yaitu Bank Mandiri. Padahal, target privatisasi yang belum bisa diselesaikan (carry over) tahun 2001 masih ada tiga perusahaan lain selain Bank Mandiri.
Sementara tahun 2002, masih ada carry over sebanyak 16 perusahaan dan belum satu pun yang sudah dikonsultasikan dengan Komisi IX DPR. Adapun untuk tahun 2003, direncanakan ada 10 perusahaan yang akan diprivatisasi.
Hendrawan Supratikno dari Universitas Kristen Satya Wacana meragukan di tangan swasta BUMN akan menuju ke good corporate governance, seperti tujuan privatisasi semula.
Ia bahkan menuding terbuka kesempatan timbul monopoli oleh pihak swasta pada privatisasi-privatisasi industri strategis, seperti kasus industri semen dan telekomunikasi di Indonesia. "Bukan mekanisme pasar lagi yang akan menentukan, tapi perusahaan-perusahaan besar yang akan menentukan pasar," kata Hendrawan.
Diungkapkan, dari hasil penelitian, tak ada petunjuk bahwa sesudah privatisasi BUMN ada perbaikan kinerja. Alasannya, selain privatisasi dilakukan pada saat kondisi terdesak, ada konsesi khusus yang ditawarkan pemerintah pada manajemen baru. (EDN/IDR/WAS/FEY/BOY/DMU)


ANALISIS :

Menurut saya keadaan dari perusaahaan ini berada pada suatu kondisi yang tidak baik, dimana privatisasi yang seharusnya bertujuan untuk meningkatkan kinerja pada perusahaan nya malah dijadikan alas an untuk menutup APBN oleh pemerintah. Oleh karena itu seharusnya pengurus perusahaan atau siapapun yang hendak mengimplementasikan GCG tersebut harus lebih memperhatikan keadaan didalam perusahaan itu agar lebih stabil dan tidak ada sesuatu yang menyimpang dari tujuan semula.

Rabu, 17 Oktober 2012

IKLAN TEH BOTOL SOSRO


Pada era globalisasi sekarang ini banyak produk baru yang bermunculan di Indonesia Munculnya berbagai jenis produk minuman menjadikan persaingan pasar semakin ketat Dari satu jenis produk minuman telah ada banyak merek yang mendominasi produk tersebut Produk minuman tersebut telah dimodifikasi dengan kemasan rasa dan harga yang bervariasi Produk minuman teh dalam kemasan botol yang paling dikenl oleh masyarakat adalah Teh Botol Sosro
Teh botol Sosro adalah teh dalam botol pertama yang dipasarkan di Indonesia. Melalui iklan-iklan di berbagai media dan promosi-promosi di berbagai tempat dengan slogan Sosro ahlinya teh´ dan Apapun makannya, minumnya teh botol Sosro´ yang kemudian berubah menjadi .Apapun, enaknya minum teh botol Sosro´, perlahan tapi pasti teh botol sosro dikenal dan mendapat tempat di benak masyarakat Indonesia. Hingga saat ini teh botol Sosro merupakan teh dalam botol dengan angka penjualan tertinggi di Indonesia. Meskipun saat ini banyak perusahaan multinasional seperti Coca-Cola dengan Tekita dan Freshtea, teh botol Sosro tetap bertahan dan mampu menyaingi merek tersebut.
            Iklan teh botol Sosro Peran´ ini bertujuan memberi preferensi tentang produk teh botol Sosro kepada konsumen. Bahwa tidak peduli siapapun anda dan apa yang anda kerjakan selama anda melakukannya dengan bersungguh-sungguh maka apa yang anda kerjakan akan berharga, sama seperti teh botol Sosro yang akan selalu bersungguh-sungguh memberikan yang terbaik kepada anda. Melalui iklan ini teh botol Sosro ingin menyampaikan kalau produknya enak dan berkualitas, cocok untuk melepas dahaga setelah lelah bekerja, dan dapat dinikmati oleh semua kalangan tanpa terkecuali. Dan diharapkan para konsumen akan membeli produk ini karena menganggap produk ini adalah produk yang baik dan bermutu.

ANALISIS :
Iklan ini ditujukan untuk semua kalangan terutama untuk orang yang ingin minum teh enak, praktis , murah dan tentu berkualitas. Tujuan dari iklan ini yaitu untuk memberikan penngetahuan kepada konsumen tentang minuman teh botol sosro ini. Melalui iklan ini, teh botol sosro ingin menyampaikan bahwa produknya itu berkualitas dan enak, cocok untuk melepas dahaga disaat lelah setelah bekerja dan dapat dinikmati oleh semua kalangan. Dan diharapkan para konsumen akan membeli produk ini karena menganggap produk ini adalah produk yang baik dan bermutu.







Kamis, 11 Oktober 2012

ANTI-KORUPSI (Rangkuman acara Kick Andy)


Topik : Orang-orang yang melakukan perlawanan terhadap kejahatan korupsi dengan cara mereka masing-masing.

Saat ini nilai kejujuran di masyarakat kian hari kian menipis, hal itu ditandai dengan berbagai hal  yang dilakukan masyarakat maupun para pejabat-pejabat tinggi negara yang banyak melakukan korupsi.
            Oleh karena itu, nilai-nilai kejujuran wajib diterapkan dari usia dini atau waktu masih di sekolah, karena sekolah bisa berbuat banyak untuk mengembangkan gerakan anti korupsi, karena itu kita harus yakin bahwa suatu saat pasti ada generasi penerus yang bersih dari bentuk-bentuk ketidakjujuran atau korupsi. SMP Kanisius Kudus Jawa Tengah merupakan salah satu sekolah yang telah menerapkan nilai kejujuran disekolah nya. Menurut salah satu wakil guru dari sekolah tersebut, sejak dideklarasikan anti korupsi pada tahun 2005 yang lalu, sekolah ini mulai menerapkan gerakan anti korupsi yaitu dengan mendirikan Warung Kejujuran, dimana pada warung ini bertransaksi yang dilakukan secara mandiri oleh para siswa nya tanpa adanya pengawasan dari pihak sekolah, selain itu ada pula Telpon Kejujuran dan permainan anti korupsi yang salah satunya yaitu ular tangga anti korupsi. Hal-hal tersebut di ajarkan untuk memeberikan pengertian tentang kejujuran kepada siswa nya, karena kalau apabila banyak siswa nya yang tidak jujur maka warung kejujuran tersebut akan bangkrut, dan seperti halnya dengan negara Indonesia jika banyak koruptor maka negara tersebut akan ambruk.
            Selain dari SMP kasinius Kudus yang menerapkan nilai-nilai kejujuran disekolahnya, contoh lainnya yaitu dari seorang tukang becak yang mendirikan kios bensin kejujuran, yaitu dengan  mendirikan suatu kios bensin dipinggir jalan tanpa ditunggu oleh pemiliknya karena beliau harus menarik becak setiap harinya, dia hanya menyediakan kotak buat uang yang di taruh di antara botol-botol bensin miliknya, pembeli dapat mengambil sendiri bensin dan menaruh uang dikotak tersebut. Usaha bapak tiga orang anak ini banyak mengalami kerugian tiap harinya, banyak orang memandang sebelah mata usaha yang dilakukan oleh beliau bahkan dianggap konyol, selain itu pula karena banyak ketidakjujuran yang dilakukan oleh pembeli-pembelinya seperti banyak botol bensin yang hilang, menaruh uang palsu dan lain-lain. Akan tetapi bapak ini tetap mendirikan kios bensin kejujuran hingga saat ini karena dia yakin bahwa masih banyak orang-orang yang jujur didunia ini, bukti yang hanya dari tukang becak yang ingin menerapkan kejujuran di negeri ini patut kita tiru.
            Dari dua contoh diatas banyak berbagai cara yang dilakukan untuk menerapkan kejujuran, karena kejujuran itu merupakan inti dari gerakan anti korupsi, tentunya hukuman bagi korupsi uang rakyat harus dihukum yang setimpal karena telah merugikan rakyat semua.

ANALISIS :  

1.       ETIKA
      Dari segi  etika  dapat dilihat bahwa korupsi  itu merupakan tindakan yang sangat merugikan orang banyak, baik untuk pelaku korupsi itu sendiri. Oleh karena itu kejujuran harus dikenalkan pada  anak-anak  sejak masih di Playgroup, selain itu pihak dari keluarga atau orang tua harus membiasakan dan mengajarkan anak tersebut untuk  tidak memberi contoh tentang perbuatan-perbuatan yang tidak terpuji tersebut seperti berbohong  dan lain-lain.


2.       NORMA 
      Banyaknya ketidak jujuran yang terjadi saat ini seolah-olah banyak nya pelaku-pelaku korupsi yang mengabaikan norma-norma hukum dan norma agama yang berlaku di negara ini. Dilihat dari norma hukum pelaku korupsi harus dihukum yang setimpal karena telah melanggar agar pelaku korupsi jera karena telah merugikan banyak rakyat , dan apabila dilihat dari norma agama tentunya tindakan korupsi itu merupakan tidakan yang tidak terpuji karena telah mencuri yang bukan hak nya, dan itu merupakan tindakan yang dilarang oleh Tuhan YME.


3.       NILAI 
      Dengan banyaknya ketidak jujuran yang terjadi saat ini mengakibatkan nilai-nilai kejujuran di Indonesia kian hari kian menipis, hal itu ditandai dengan makin banyak nya korupsi yang terjadi di negara ini. Nilai kejujuran itu sangat penting karena merupakan pondasi dari gerakan anti korupsi, akan tetapi di Indonesia pelaku korupsi kurang di adili dengan seadil-adilnya sehingga banyak pelaku korupsi yang makin merajalela.

SUMBER : Kick Andy Metro TV