Sabtu, 07 April 2012

Makalah tentang pemroduksian dan pemasaran pakaian anak-anak

Nama kelompok beserta NPM
1. Boby Hermawan (14209460)
2. Earl Kamal Dimara (10209910)
3. Galih Jayalana (10209138)
4. Lukeria Ariningrum (12209548)
5. Selvina Emilia (13209777)


PENDAHULUAN

Dewasa ini kebutuhan produksi akan pakaian semakin hari semakin menigkat seiring dengan tingkat pertumbuhan seseorang semakin hari semakin bertambah hal ini menyebabkan pakaian menjadi salah satu kebutuhan primer bagi kebanyakan orang. tanpa pakaian seseorang otomatis tidak akan bisa hidup dengan layak. hal ini menyebabkan komoditi bahan dalam pembuatan pakaian semakin diperlukan oleh produsen. Pakaian anak – anak salah satunya menjadi komponen produksi bagi perusahaan – perusahaan garmen.Berbagai macam merk bersaing memperebutkan konsumen dalam pasar industry.
Pemasaran hal ini sangat dibutuhkan oleh produsen untuk dapat meningkatkan voume produksi, tingkat keuntungan, serta brand minded bagi konsumen tentunya hal ini dapat memberikan dampak positif bagi perusahaan. Oleh karena itu perlu adanya diferensiasi dari setiap produk pakaian anak – anak agar dapat memberikan ciri tersendiri setiap produsen baik dari segi warna, tekstur bahan, model, jenis, fungsi, dan kelompok umur yang berbeda. Jadi perlulah berbagai terobosan dalam proses memasarkan produk pakaian tersebut.


PEMBAHASAN

Bisnis fashion memiliki wilayah yang sangat luas,ada berbagai macam jenis pakaian yang bisa dijadikan usaha. Ada pelaku bisnis yang mengambil semua porsi bisnis pakaian ini, namun ada pula yang mengambil spesialisasi terhadap satu jenis pakaian atau menyasar segmen tertentu.Misalnya saja pakaian untuk ibu hamil, pakaian remaja atau pakaian untuk anak-anak.Pemilihan usaha pakaian pada segmen tertentu terkadang diperlukan agar usaha pakaian yang dilakukan lebih fokus. Namun kadang menyediakan semua jenis pakaian akan memberikan banyak pilihan kepada pembeli. Namun ini memerlukan modal dan pemasaran yang lebih baik.
Untuk strategi pemasaran usaha pakaian anak bisa dilakukan melalui berbagai cara. Misalnya saja dengan membuka toko pakaian anak.Bila modal usaha untuk bisnis pakaian anak yang anda miliki terbatas, anda bisa berbisnis dari rumah, promosi dilakukan dari mulut ke mulut atau menawarkan pakaian di lokasi tempat anak dan orang tua berkumpul.Misalnya saja tempat penjemputan anak sekolah.Anda dapat pula menawarkan koleksi produk pakaian anak melalui Blackberry Messenger yang telah anda buat group sebelumnya.Setiap ada produk pakaian anak baru atau penawaran bisa langsung dibroadcast dengan cepat.Respon dari pembelipun bisa lebih cepat.
Yang pentingdipertimbangkan dalam usaha pakaian anak ini adalah masalah model pakaian, sesuaikan model pakaian dengan yang sedang tren. Misalnya saja disesuaikan dengan tema film kartun yang sedang digemari anak-anak akan menarik pembeli.
Dalam masa pertumbuhan ,ukuran tubuh anak akan berkembang dengan cepat. Untuk mengantisipasi hal ini maka anda harus menyediakan produk yang anda jual dalam beragam ukuran untuk satu mode pakaian.Sehingga apabila pelanggan anda mencari mode tersebut maka barang tersebut tersedia dan anda tak kehilangan pelanggan.
Tidak diperlukan modal yang banyak untuk membuka usaha pakaian anak, apalagi di zaman modern ini.Teknologi memungkinkan untuk menjalankan usaha pakaian anak dari rumah seolah-olah anda memiliki toko pakaian anak yang besar.Jika anda tidak memiliki keahliaan mendesain dan membuat sendiri, menjadi distributor adalah pilihan tepat. Membeli pakaian anak dari grosir akan memberikan harga yang bersaing. Di awal anda memang harus berjuang untuk mendapatkan chanel grosir baju anak. Selanjutnya jika sudah banyak kenalan grosir baju anak, anda akan dapat harga yang miring.
Sangat banyak dan berbagai jenis pakaian anak – anak yang banyak diminati oleh para ibu untuk para anak – anaknya seperti Onesies, Piyama, Kaus kaki, Topi, Oto, Dress, sweater, jaket, dll.Dengan semakin banyaknya varian yang unik, semakin banyak juga konsumen yang tertarik dari berbagai faktor entah dari warna, model, jenis. Bicara soal warna, warna salah satu hal yang paling diperhatikan di mata konsumen, karena dengan pemilihan warna yang pas, anak kita akan merasa nyamandan pastinya kita tidak akan malu.


PENUTUP

Usaha pakaian anak sebenarnya memiliki peluang yang bagus untuk dijadikan usaha, potensi pasar untuk pakaian anak ini cukup besar.Karena angka kelahiran bayi sangat cepat dan sangat banyak.Jadi menurut kami usaha pakaian anak cukup menjanjikan.Karenaperkembangan industry garmen pun sudah meningkat pesat.Pemilihan usaha pakaian pada segmen tertentu terkadang diperlukan agar usaha pakaian yang dilakukan lebih fokus. Namun kadang menyediakan semua jenis pakaian akan memberikan banyak pilihan kepada pembeli. Namun ini memerlukan modal dan pemasaran yang lebih baik.

1 komentar:

  1. teman, jangan lupa ya mencatumkan link Gunadarma http://www.gunadarma.ac.id. Sekarang kan sudah mulai perkuliahan softskill dan Sebagai salah satu penilaian mata kuliah softskill harus mencatumkan link Gunadarma.

    BalasHapus