Minggu, 18 Maret 2012

Menunggu Kenaikan Harga BBM Bersubsidi

Tugas : Bahasa Indonesia
Sumber : http://berita.liputan6.com/read/381936/menunggu-kenaikan-harga-bbm-bersubsidi
Liputan6.com, Jakarta: Kenaikan Bahan Bakar Minyak atau BBM bersubsidi akan berlaku mulai 1 April di mana premium dijual Rp 6000 per liter. Kebijakan ini buntut dari beban subsidi yang membengkak. Sekarang saja pemerintah harus memberikan subsidi sebesar Rp 3.500 per liter. Karena seharusnya jika mengikuti harga minyak dunia, premium seharusnya Rp 8000 per liter.
Perhitungan ini berdasarkan data Badan Kebijakan Fiskal soal kenaikan harga minyak dunia. Jika harga premium tak dinaikkan, pemerintah harus mengeluarkan tambahan subsidi sekitar Rp 40 triliun.
Kenaikan menimbulkan protes di sejumlah daerah. Seorang di antaranya dikemukakan Hendra, warga setempat. Ia mengatakan kenaikan BBM akan menimbulkan dampak yang luas di segala sektor perekonomian. "Jadi menurut saya pemerintah perlu mengkaji ulang untuk itu karena efeknya sangat luas," ucap Hendra, Rabu (14/3).
Dalam hal ini pemerintah menjamin bantuan langsung tunai atau BLT pasti akan diterima masyarakat miskin. Di mana pemerintah mencatat rakyat miskin di Indonesia mencapai 37 persen [baca: Kemensos Mulai Terima Data Penerima BLSM].(AIS)

Pendapat saya :
Kenaikan harga BBM bersubsdi akan menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat.Hal tersebut tentunya akan meniimbulkan berbagai reaksi dari masyarakat, yang pro tentunya yaitu pemerintah , sebenarnya pemerintah tidak menginginkan terjadinya kenaikan harga BBM bersubsidi, namun kondisi dan kenyataan yang terjadi memaksa pemerintah untuk mengambil kebijakan tersebut. Kemudian disisi lain yang kontra terhadap kenaikan harga BBM yaitu mulai dari anggota DPR,DPRD, kalangan mahasiswa, petani, nelayan, angkutan umum dan masih banyak lagi mereka yang menolak harga kenaikan BBM. Menurut saya pemerintah terlalu terburu-buru dalam menerbitkan kebiijakan yang mungkin akan menimbulkan banyak dampak negatif dibandingkan dampak positiif nya. Kebijakan kenaikan BBM kurang tepat untuk saat ini karena akan menambah beban rakyat yang sedang menghadapi berbagai tekanan ekonomi seperti kenaikan harga pangan, mengakibatkan semakin meluasnya masalah kemiskinan, dapat memicu konflik sosial dalam masyarakat, memperparah masalah pengangguran serta dapat memicu kenaikan bahan pokok lain nya.Seharus nya pemerintah harus lebih bijak dalam mengambil keputusan atau mencari alternatif lain yang mungkin dengan menciptakan bahan bakar yang terbuat dari daun-daunan dll. Sehingga dengan naik nya BBM tidak terlalu berpengaruh terhadap masyarakat terutama masyarakat yang menengah kebawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar