PENGERTIAN
CSR :
CSR
(Corporate
Social Responsibility) adalah
suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan (sesuai kemampuan
perusahaan tersebut) sebagai bentuk tanggungjawab mereka terhadap
sosial/lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada. Contoh bentuk
tanggungjawab itu bermacam-macam, mulai dari melakukan kegiatan yang dapat
meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan lingkungan, pemberian
beasiswa untuk anak tidak mampu, pemberian dana untuk pemeliharaan fasilitas
umum, sumbangan untuk desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan
berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar
perusahaan tersebut berada. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan fenomena strategi perusahaan yang mengakomodasi kebutuhan
dan kepentingan stakeholder-nya. CSR
timbul sejak era dimana kesadaran akan sustainability perusahaan jangka panjang adalah lebih penting
daripada sekedar profitability.
KEUNTUNGAN CSR BAGI
MASYARAKAT DAN PERUSAHAAN :
Dalam prinsip responsibility, penekanan yang
signifikan diberikan pada kepentingan stakeholders perusahaan. Di sini
perusahaan diharuskan memperhatikan kepentingan stakeholders perusahaan,
menciptakan nilai tambah (value added) dari produk dan jasa bagi stakeholders
perusahaan, dan memelihara kesinambungan nilai tambah yang diciptakannya.
Sedangkan stakeholders perusahaan dapat didefinisikan sebagai pihak-pihak yang
berkepentingan terhadap eksistensi perusahaan. Termasuk di dalamnya adalah
karyawan, konsumen, pemasok, masyarakat, lingkungan sekitar, dan pemerintah
sebagai regulator. CSR sebagai sebuah gagasan, perusahaan tidak lagi dihadapkan
pada tanggung jawab yang berpijak pada single bottom line, yaitu nilai
perusahaan (corporate value) yang direfleksikan dalam kondisi keuangannya
(financial) saja. Tapi tanggung jawab perusahaan harus berpijak pada triple
bottom lines. Di sini bottom lines lainnya selain finansial juga adalah sosial
dan lingkungan. Karena kondisi keuangan saja tidak cukup menjamin nilai
perusahaan tumbuh secara berkelanjutan (sustainable). Keberlanjutan perusahaan
hanya akan terjamin apabila, perusahaan memperhatikan dimensi sosial dan
lingkungan hidup. Sudah menjadi fakta bagaimana resistensi masyarakat sekitar,
di berbagai tempat dan waktu muncul ke permukaan terhadap perusahaan yang
dianggap tidak memperhatikan aspek-aspek sosial, ekonomi dan lingkungan
hidupnya (Idris,
2005).
Perusahaan-perusahaan yang memiliki reputasi bagus, umumnya menikmati enam hal.
Pertama, hubungan yang baik dengan para pemuka masyarakat. Kedua, hubungan
positif dengan pemerintah setempat. Ketiga, resiko krisis yang lebih kecil.
Keempat, rasa kebanggaan dalam organisasi dan di antara khalayak sasaran.
Kelima, saling pengertian antara khalayak sasaran, baik internal maupun
eksternal. Dan terakhir, meningkatkan kesetiaan para staf perusahaan (Anggoro,
2002).
Ada tiga alasan penting mengapa kalangan dunia usaha mesti merespon dan
mengembangkan isu tanggung jawab sosial sejalan dengan operasi usahanya :
1.
Perusahaan
adalah bagian dari masyarakat dan oleh karenanya wajar bila perusahaan
memperhatikan kepentingan masyarakat. Perusahaan mesti menyadari bahwa mereka
beroperasi dalam suatu tatanan lingkungan masyarakat. Kegiatan sosial ini
berfungsi sebagai kompensasi atau upaya imbal balik atas penguasaan sumber daya
alam dan sumber daya ekonomi oleh perusahaan yang kadang bersifat ekspansif dan
ekploratif, di samping sebagai kompensasi sosial karena timbulnya
ketidaknyamanan (discomfort) pada masyarakat, semua ini diimplementasikan
karena memang ada regulasi, hukum, dan aturan yang memaksa karena adanya market
driven. Kesadaran tentang pentingnya mengimplementasikan CSR ini menjadi tren
seiring dengan semakin maraknya kepedulian masyarakat global terhadap
produk-produk yang ramah lingkungan dan diproduksi dengan memperhatikan
kaidah-kaidah sosial.
2.
Kalangan bisnis
dan masyarakat sebaiknya memiliki hubungan yang bersifat simbiosa mutualisme.
Untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat, setidaknya license to operate,
wajar bila perusahaan juga dituntut untuk memberikan kontibusi positif kepada
masyarakat sehingga bisa tercipta harmonisasi hubungan bahkan pendongkrakan
citra dan performa perusahaan.
3.
Kegiatan tanggung jawab sosial merupakan salah satu
cara untuk meredam bahkan menghindari konflik sosial. Potensi konflik itu bisa
berasal akibat dampak operasional perusahaan ataupun akibat kesenjangan
struktural dan ekonomis yang timbul antara masyarakat dengan komponen
perusahaan, dan dipraktekkan lebih karena faktor eksternal (external driven).
Hampir bisa dipastikan implementasi adalah sebagai upaya dalam konteks
kehumasan (public relation) merupakan kebijaksanaan bisnis yang hanya bersifat
kosmetik.
SALAH CONTOH PERUSAHAAN YANG TELAH
MENERAPKAN CSR :
Aqua adalah sebuah air merek dalam kemasan (AMDK)
yang lahir atas gagasan almarhum Tirto Utomo (1990-1994),dan diproduksi oleh PT
Aqua Golden Mississipi. PT Danone Aqua Tbk adalah pelopor industri air
minum dalam kemasan (AMDK) di Asia tenggara, salah satunya Indonesia.Mengingat
Aqua adalah perusahaan yang telah melayani masyarakat hampir 40 tahun. Oleh
karena itu dirasa penting Aqua melakukan kegiatan CSR, dalam rangka sebagai
wujud komitmen dan tanggung jawab sosial perusahaan dengan menerapkan kegiatan
berbasis masyarakat dalam menjalankan programnya. Kampanye yang telah dimulai
sejak tahun 2007 ini juga adalah sebuah kampanye berkelanjutan mengenai
kebaikan alam (Goodness of nature)
Salah satu program Aqua
:
WASH
(Water Access, Sanitation, Hygiene Program) tujuanya untuk memberikan solusi
dalam penyediaan air bersih di Indonesia. Didalam program WASH ini adalah
program ‘Satu Untuk Sepuluh’, program ini juga mendukung program Millenium
Development yang dicanangkan oleh PBB tujuannya untuk memerangi kemiskinan dan
kelaparan diberbagai belahan dunia yang ditarget pada tahun 2015. Program yang
akan dibahas kali ini khusus pada CSR Aqua yang telah terlaksana yaitu program
“1L Aqua untuk 10L Air Bersih”, menurut Binahidra Logiardi, manajer PT Tirta
Investama yang membawahi perusahaan Aqua, slogan ini adalah ungkapan simbiolis
untuk memudahkan pemirsa mencerna pesan yang ingin Aqua sampaikan,
dimana setiap 1 liter yang terjual telah membantu 10 liter air bersih
untuk 4 kecamatan. Program ini dilaksanakan di Timor Tengah Selatan karena
berdasarkan survey terbaru yang dilakukan ACF (Action Contre la Faim). NTT
dianggap sebagai wilayah yang tepat, karena sedang mengalami program kelangkaan
air bersih dibagian belahan timur Indonesia (program satu untuk sepuluh,
2007). Masyarakat NTT juga masih kesulitan dalam mengakses air bersih, mereka
harus berjalan kaki dengan jarak yang lumayan jauh, medanya pun terjal, berbatu
bahkan harus melewati sungai. Dibutuhkan waktu sekitar satu jam untuk membawa
pulang dan pergi air dalam jerigen tiap harinya.
Akibat dari kelangkaan air ini mau
tidak mau anak-anak harus membantu prang tua sehingga waktu bermain dan belajar
pun terabaikan, bahkan penyakit pun menjadi ancaman, oleh karena itu Aqua
berkomitmen untuk memperbaiki kesejahteraan anak Indonesia. Untuk setiap liter
produk Aqua berlabel khusus yakni Aqua 600 mm dan 1.500 mm dijual maka konsumen
telah membantu program Aqua denga menyumbangkan 10 liter air bersih kepada
masyarakat yang membutuhkan. Selain itu Aqua akan memperpendek jarak sumber air
ke pemukiman penduduk dengan cara menempatkan pipa pipa ke tempat yang lebih
mudah dijangkau. Sehingga jarak tempuh satu jam kini bisa diubah dengan jarak
200 meter saja, karena air bersih akan disalurkan melalui pipa pipa tersebut.
Aqua telah memberikan akses tersebut
kepada 12.000 penerima bantuan dibeberapa desa kecamatan Boking dan Amanatun
Utara NTT. Dalam program ini sumber mata air pegunungan yang terdapat didesa
ditutp dengan menggunakan bangunan dari semen kemudian air tersebut dialirkan
ke dusun melalui 11 titik keran air, penyaluran tersebut menggunakan dua
prinsip teknologi yakni berdasarkan gravitasi dan pompa hidran. Panjang total
pipa yang dibangun adalah 6 km,
Tujuan program ini dikatakn berhasil
karena targetnya telah terpenuhi :
- Perbaikan infrastruktur air bersihdan jumlah ketersediaan air bersih, telah dipangkasnya jarak tempuh yang jauh menjadi lebih dekat sehingga mempermudah kebutuhan hidup mereka.
- Terciptanya kesadaran hidup sehat malalui penyuluhan kesehatan.
- Kerjasama dengan stakeholder lokal untuk mendukung keberlanjutan program.
1. Penyediaan Akses Air Bersih yang lebih mudah
2. Penyuluhan Pola Hidup Sehat
3. Pemberdayaan Masyarakat di wilayah tersebut
Sebuah kegiatan dikatakan termasuk CSR jika memiliki ciri ;
a. Identifikasi yakni Aqua harus bisa memprioritaskan kegiatan tersebut untuk orang orang yang benar benar membutuhkan (needs) dibanding mementingkan keinginan (wants), disini Aqua berprioritas untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk masyarakat NTT, hal ini menunjukan bahwa disamping Aqua adalah sebuah perusahaan besar yang juga memiliki komitmen terhadap masyarakat dengan memberikan kontribusi yakni melakukan kegiatan untuk mengatasi kelangkaan air bersih salah satunya di NTT.
b. Continuity yakni kegiatan yang bersifat terus menerus atau berkesinambungan. Hal ini dikarenakan untuk dapat mengubah perilaku dan mindset masyarakan tentang pentingnya air bersih sehingga untuk merubah kedua hal tersebut dibutuhkan jangka waktu yang panjang, Kegiatan Aqua ini bertajuk WASH (Water Access, Sanitation, Hygiene Program) didalamnya terdapat program ‘1 liter untuk 10 liter’ dan dilanjutkan dengan program ‘satu untuk sepuluh’ dengan jangka waktu hingga 2020 untuk membantu daerah daerah yang sedang mengalami krisis air bersih.
c. Empowering yakni kegiatan yang dilakukan menekankan pada aktivitas tersebut dilakukan oleh masyarakat yang bersangkutan. Yakni Aqua memberikan penyuluhan penyuluhan kesehatan untuk membekali masyarakat dalam pengelolaan dan pemanfaatan air bersih yang benar. Dalam pengerjaan fisik Aqua juga melibatkan masyarakat karena tiap dusun memiliki komite air yang bertugas merawat instalasi. Sebanyak 127 komite air telah dibekali dengan berbagai keterampilan agar masyarakat dapat mengelola sarana air bersih, memberikan edukasi melalui kegiatan seperti pemutaran film, pertunjukan drama.
ANALISIS :
Menurut saya program CSR yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan itu sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat, karena dengan adanya program atau kegiatan-kegiatan yang dilakukan itu sangat membantu sekali untuk rakyat, contohnya saja salah satu program “WASH” yang dilakukan oleh perusahaan Aqua ini, dengan adanya kegiatan itu salah satu manfaatnya yaitu dapat memperbaiki kesejahteraan anak bangsa.
SUMBER :
http://www.usaha-kecil.com/pengertian_csr.html
http://komunikasia.net/riset/kesuksesan-csr-aqua-danone
Tidak ada komentar:
Posting Komentar