Kamis, 11 Oktober 2012

ANTI-KORUPSI (Rangkuman acara Kick Andy)


Topik : Orang-orang yang melakukan perlawanan terhadap kejahatan korupsi dengan cara mereka masing-masing.

Saat ini nilai kejujuran di masyarakat kian hari kian menipis, hal itu ditandai dengan berbagai hal  yang dilakukan masyarakat maupun para pejabat-pejabat tinggi negara yang banyak melakukan korupsi.
            Oleh karena itu, nilai-nilai kejujuran wajib diterapkan dari usia dini atau waktu masih di sekolah, karena sekolah bisa berbuat banyak untuk mengembangkan gerakan anti korupsi, karena itu kita harus yakin bahwa suatu saat pasti ada generasi penerus yang bersih dari bentuk-bentuk ketidakjujuran atau korupsi. SMP Kanisius Kudus Jawa Tengah merupakan salah satu sekolah yang telah menerapkan nilai kejujuran disekolah nya. Menurut salah satu wakil guru dari sekolah tersebut, sejak dideklarasikan anti korupsi pada tahun 2005 yang lalu, sekolah ini mulai menerapkan gerakan anti korupsi yaitu dengan mendirikan Warung Kejujuran, dimana pada warung ini bertransaksi yang dilakukan secara mandiri oleh para siswa nya tanpa adanya pengawasan dari pihak sekolah, selain itu ada pula Telpon Kejujuran dan permainan anti korupsi yang salah satunya yaitu ular tangga anti korupsi. Hal-hal tersebut di ajarkan untuk memeberikan pengertian tentang kejujuran kepada siswa nya, karena kalau apabila banyak siswa nya yang tidak jujur maka warung kejujuran tersebut akan bangkrut, dan seperti halnya dengan negara Indonesia jika banyak koruptor maka negara tersebut akan ambruk.
            Selain dari SMP kasinius Kudus yang menerapkan nilai-nilai kejujuran disekolahnya, contoh lainnya yaitu dari seorang tukang becak yang mendirikan kios bensin kejujuran, yaitu dengan  mendirikan suatu kios bensin dipinggir jalan tanpa ditunggu oleh pemiliknya karena beliau harus menarik becak setiap harinya, dia hanya menyediakan kotak buat uang yang di taruh di antara botol-botol bensin miliknya, pembeli dapat mengambil sendiri bensin dan menaruh uang dikotak tersebut. Usaha bapak tiga orang anak ini banyak mengalami kerugian tiap harinya, banyak orang memandang sebelah mata usaha yang dilakukan oleh beliau bahkan dianggap konyol, selain itu pula karena banyak ketidakjujuran yang dilakukan oleh pembeli-pembelinya seperti banyak botol bensin yang hilang, menaruh uang palsu dan lain-lain. Akan tetapi bapak ini tetap mendirikan kios bensin kejujuran hingga saat ini karena dia yakin bahwa masih banyak orang-orang yang jujur didunia ini, bukti yang hanya dari tukang becak yang ingin menerapkan kejujuran di negeri ini patut kita tiru.
            Dari dua contoh diatas banyak berbagai cara yang dilakukan untuk menerapkan kejujuran, karena kejujuran itu merupakan inti dari gerakan anti korupsi, tentunya hukuman bagi korupsi uang rakyat harus dihukum yang setimpal karena telah merugikan rakyat semua.

ANALISIS :  

1.       ETIKA
      Dari segi  etika  dapat dilihat bahwa korupsi  itu merupakan tindakan yang sangat merugikan orang banyak, baik untuk pelaku korupsi itu sendiri. Oleh karena itu kejujuran harus dikenalkan pada  anak-anak  sejak masih di Playgroup, selain itu pihak dari keluarga atau orang tua harus membiasakan dan mengajarkan anak tersebut untuk  tidak memberi contoh tentang perbuatan-perbuatan yang tidak terpuji tersebut seperti berbohong  dan lain-lain.


2.       NORMA 
      Banyaknya ketidak jujuran yang terjadi saat ini seolah-olah banyak nya pelaku-pelaku korupsi yang mengabaikan norma-norma hukum dan norma agama yang berlaku di negara ini. Dilihat dari norma hukum pelaku korupsi harus dihukum yang setimpal karena telah melanggar agar pelaku korupsi jera karena telah merugikan banyak rakyat , dan apabila dilihat dari norma agama tentunya tindakan korupsi itu merupakan tidakan yang tidak terpuji karena telah mencuri yang bukan hak nya, dan itu merupakan tindakan yang dilarang oleh Tuhan YME.


3.       NILAI 
      Dengan banyaknya ketidak jujuran yang terjadi saat ini mengakibatkan nilai-nilai kejujuran di Indonesia kian hari kian menipis, hal itu ditandai dengan makin banyak nya korupsi yang terjadi di negara ini. Nilai kejujuran itu sangat penting karena merupakan pondasi dari gerakan anti korupsi, akan tetapi di Indonesia pelaku korupsi kurang di adili dengan seadil-adilnya sehingga banyak pelaku korupsi yang makin merajalela.

SUMBER : Kick Andy Metro TV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar